banner 728x250

Jihan, Balita Penderita Kurang Gizi

  • Bagikan
JIhan Penderita Gizi Buruk
banner 468x60

Jempolindo.id – Jember.   Jihan Putri Febian, bocah balita berusia 27 bulan itu diduga menderita Kurang gizi. Kondisi kurang Gizi yang dialami Jihan diketahui setelah Kader Pos Yandu bertandang ke rumahnya, selasa (18/6/19).

Jihan Penderita Gizi Buruk
Kader Pos yandu Desa Balung Kulon saat memeriksa Jihan

Gadis kecil  itu tinggal di Dusun Krajan Desa Balung Kulon Kecamatan Balung bersama neneknya.  Sementara ibunya harus mencari nafkah untuk  kebutuhan hidup keluarganya.

banner 336x280

Menurut penuturan Kaseh (70), nenek Jihan,  sudah sejak dua bulan terahir setiap kali buang air besar, selalu disertai darah.

Jihan Penderita Gizi Buruk
Kasih (70), Nenek JIhan

“Yo wis suwe lorone, wis ono rong wulanan, wetenge yo kembung, mulane atos ae wetenge (Ya sudah lama sakitnya, sudah ada dua bulanan, perutnya juga kembung, makanya perutnya keras),”  Tutur Kasih.

Kurang gizi,   suatu kondisi di mana seseorang dinyatakan kekurangan nutrisi, atau dengan ungkapan lain status nutrisinya berada di bawah standar rata-rata. Nutrisi yang dimaksud bisa berupa protein, karbohidrat dan kalori.  Kasus KEP (Kurang Energi Protein) adalah salah satu masalah gizi utama yang banyak dijumpai pada balita.

Menurut keterangan Kader Pos  Yandu Desa Balung Kulon, Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengukur status gizi pada anak, diantaranya pengukuran status gizi bayi dan balita  misalnya dengan menimbang  berat badan.

“Berat Badan  normal untuk balita seusia  Jihan harusnya berada di garis hijau, antara 10 -11 Kg.  Dik Jihan berusia sekitar 27 bulan berat badannya berada di garis kuning, beratnya sekitar 8,5 kg,” kata Kader Pos yandu itu.

Jihan
Kader Posyandu Saat menyerahkan bantuan susu dan snack

Untuk membantu agar kekurangan gizi yang diderita Jihan agar segera pulih kembali, kader Pos Yandu berupaya memberikan bantuan berupa susu dan snack. Tetapi bantuan  tambahan nutrisi itu tentu belum mencukupi agar anak seusia Jihan tidak mengalami kekurangan gizi

Ibu Jihan Komplain

Atas pemberitaan ini wanita yang mengaku ibu Jihan pemilik akun Eka Jihan Gemini

merasa keberatan atas pemberitaan ini. Pasalnya, dirinya merasa dilecehkan, sebagai seorang ibu sudah barang tentu merasa sudah maksimal memenuhi kebutuhan anak.

“Cobak samean liat itu komentar dri postingan yg anda buat itu membuat sya sakit hti,” pernyataan ibu Jihan melalui inboxnya.

Penulisan judul “Gizi Buruk” dinilainya kurang pas, yang benar menurutnya adalah kurang gizi.

“Anak saya bukan gizi buruk, tapi kurang gizi,” protesnya.

Atas kesalahan ini redaksi mohon maaf.(bbg)

 

 

 

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *