banner 728x250

Peringatan Tsunami Berbunyi Diduga Korslet Warga Paseban Panik

  • Bagikan
banner 468x60

Paseban – Jember – Jempol. Sirine Peringatan dini Tsunami yang terpasang disekitar pantai Paseban Kecamatan Kencong Kabupaten Jember, berbunyi. Diduga sirine berbunyi karena korslet. Selasa (26/3/19). Akibatnya, warga sekitar pantai panik, lari berhamburan hendak menyelamatkan diri.

Alarm berbunyi sebelum ada gempa yang dikeluarkan BMKG sekitar jam 08.56 WIB  di sekiatr 138 Km arah Tenggara Kabupaten Jember pada kedalaman 10 km.

banner 336x280

Sebut saja Yayuk, warga dusun Sidomulyo Desa Paseban, saat peringatan dini berbunyi Yayuk panik lari menyelamatkan diri berkumpul di Balai Desa Paseban bersama ratusan warga lainnya,  karena cemas tsunami datang.

Yayuk, warga paseban Kencong Jember

“Ya saat dengar sirine bunyi ya saya kaget,  soalnya sirinenya gak pernah bunyi, sekali ini saja bunyi. Kami terus berlarian,” kata Yayuk.

Yayuk mengaku memang merasakan ada getaran gempa, setelah beberapa menit dari alarm berbunyi.

Sekretaris Desa Paseban Zakaria

Mengetahui alarm tsunami berbunyi dan membuat panik warga, Sekretaris Desa Paseban Zakaria, segera menghubungi pihak BPBD Jember untuk meminta petunjuk. Berdasarkan petunjuk BPBD Jember, Zakaria segera mematikan alarm dengan mencabut baterainya.  

“Kami segera koordinasi dengan semua pihak, dan berdasarkan petunjuk saya cabut catu dayanya, alarm sudah tak berbunyi lagi. Tadi banyak warga yang panik datang ke balai desa, ada juga yang sampai nangis – nangis. Sekarang warga sudah pulang semua,” kata Zakaria. (sgt)

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *