banner 728x250

Terhasut Kiamat Sudah Dekat Warga Umbulsari Eksodus

  • Bagikan
banner 468x60

Jember – Jempol . Heboh doktrin Kiamat sudah dekat rupanya juga sudah merembet ke wilayah Dusun Gumuk  Gadung Desa Umbulsari Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Saat Jempol bertandang ke dusun tersebut terlihat lengang, hampir sebagian besar penghuninya telah eksodus. Jumat (15/3/19).

Menurut keterangan warga, mereka pindah ke rumah pemimpin  Thoriqoh Musa  diperkirakan pondok pesantren di Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Yakni Ponpes Miftahul Falahin Mubtadin yang diasuh oleh Muhammad Romli atau Gus Romli.

Kabarnya, jamaah didoktrin bahwa kiamat sudah dekat, jika ingin selamat jamaah harus tinggal bersama pemimpinnya. Jamaah juga wajib menjual harta bendanya.

banner 336x280

Jamaah juga didoktrin bahwa pada bulan Ramadhon akan terjadi perang besar, untuk itu jamaah juga diwajibkan membayar mahar  dengan membeli  senjata berupa Tongkat Bambu dan Golok seharga Rp 1 juta.  Kemudian tentang kemarau panjang selama 3 tahun mulai 2019-2021, jemaah diminta menyetor gabah 500 kg per orang karena kemarau mengakibatkan paceklik.

Sedangkan  keluarga yang  tidak ikut eksodus  malah melurug  Balai Desa  Umbulsari. Mereka meminta  bantuan tokoh masyarakat  berharap   keluarga mereka  kembali ke rumahnya masing – masing.

Camat Umbulsari Firaz Cholik mengatakan meski belum paham kejadian sebenarnya, Firaz  membernarkan  adanya warga yang  sudah mengosongkan rumahnya karena terhasut doktrin kiamat sudah dekat. Warga yang eksodus itu sudah menjual sawah, ternak dan perabotan rumahnya.  Ditemukan juga di rumah mereka benda berupa golok, bambu dan foto pimpinan aliran itu.

“Alhamdulillah, kami bersama muspika dan MWC NU bisa memberikan penjelasan kepada warga dan masyarakat.  Kedepan kami akan memberikan pembinaan khusus, sehingga keadaan bisa kondusif,” pungkasnya. (sgt)


banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *