banner 728x250

Ternak Domba Mendulang Untung

  • Bagikan
banner 468x60

Jember – Jempol. Tak banyak memang, peternak domba yang mengalami sukses. Agung,  warga  Desa Dukuh Dempok Kecamatan Wuluhan, termasuk peternak yang beruntung, berkat ketekunan dan kesabarannya pria ini berhasil mengembangkan penggemukan domba.  .

Saat ditemui Jempol, Kamis (15/3/19) di kandang dombanya,  Agung mengaku sudah memiliki 500 ekor domba jenis Morino dan Dormas, yang beratnya bisa mencapai 1 kw per ekor.

banner 336x280

“Saya kira ternak domba merupakan usaha yang dibutuhkan masyarakat, disamping potensi pakan dan bibitnya juga mudah didapat,” kata Agung.

Rahasianya terletak  pada perawatan dan pakan. Agung menggunakan jenis pakan limbah kedelai edamami, limbah okra  dan campuran katul  yang difermentasi, sehingga lebih awet dan tidak mudah busuk.    

“Kelebihan pakan yang tidak terkonsumsi kami fermentasi sehingga masih bisa dimanfaatkan,” kata Agung.

Tak kalah pentingnya, pemilihan bibit unggul juga turut menentukan. Pemilihan bibit yang salah bisa menyebabkan tidak tercapainya target penggemukan.

“Biasanya kalau bibit domba lokal, target penggemukannya kurang,” tegas Agung.

Soal pemasaran domba, Agung mengaku tidak mengalami kesulitan. Sementara masih melayani pembelian sekitar pulau jawa.  Hasil ternak  Dombanya dijual dengan harga 35 – 40 ribu per kg.

“Ada juga diantaranya yang kami jual per ekor,” pungkasnya. (sgt)   

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *