Terkait Tambang, FNKSDA Tuding Unej Penghianat

13

jempolindo.id – jember. Belum jelas perkembangan konflik Tambang Blok Silo Jember, kini mencuat tudingan FNKSDA bahwa Universitas Jember penghianat. Pasalnya, Universitas Jember telah membuka Fakultas Tehnik Pertambangan yang dianggap melukai Masyarakat Silo.

Hal itu disampaikan Koordinator FNKSDA Jember Adil Satria dalam pernyataan sikapnya.

“Belum juga terealisasi pertemuan non litigasi itu masyarakat Silo kembali dilukai oleh beredarnya pamflet telah dibuka Fakultas teknik pertambangan oleh Universitas Jember, situasi ini menambah keruh suasana kabupaten Jember yang telah memanas selama tiga bulan terakhir pasca terbitnya SK ESDM,” ungkapnya.

Seperti di sampaikan dalam pernyataan sikapnya, FKNSDA menyampaikan upaya penolakan tambang Blok Silo dilakukan masyarakat Silo melalui serangkaian aksi atas rencana eksploitasi izin pertambangan blok silo melalui SK Kementrian ESDM NO 1802 K/30/MEM.

“Aksi ini menghasilkan mufakat antara seluruh elemen pemerintahan kabupaten Jember baik bupati maupun pimpinan DPRD kabupaten Jember untuk mengerahkan seluruh daya upaya untuk membatalkan SK Kementrian ESDM tersebut dengan cara apapun,” katanya.

Ikhtiar itu berhasil mendesak Bupati Jember untuk mengajukan permohonan pembatalan SK Kementrian ESDM NO 1802 K/30/MEM melalui jalur non litigasi kepada kementerian hukum dan HAM.

Sehingga rencana Unej membuka Program Studi Pertambangan dianggapnya bukan hanya menghianati Masyarakat Silo melainkan juga telah menodai citra Unej yang berlambang daun tembakau itu.

Tudingan FKNSDA bukan tak berdasar, indikasi kong kalikong itu rupanya sudah sejak lama terendus keterlibatan oknum dosen UNEJ dalam penelitian potensi industri ekstraktif di kabupaten Jember.

FKNSDA menganggap rencana itu adalah Fakta bahwa UNEJ bekerja sama secara kelembagaan dengan korporasi besar dan bukanlah sekedar aksi oknum-oknum dosen belaka.

Menyikapi rencana itu FKNSDA menyampaikan bahwa masyarakat silo menolak delegasi mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) dari universitas Jember sebagai bentuk boikot terhadap keberpihakan UNEJ atas eksploitasi industri ekstraktif utamanya izin tambang blok silo.

“Berikutnya masyakarat silo beserta segenap element tolak tambang tidak akan sungkan-sungkan untuk mengarahkan ribuan massa guna melakukan aksi demontrasi langsung di kampus universitas Jember,” tegasnya.

================

Press Release
Humas Universitas Jember

Universitas Jember Buka Program Studi Teknik Pertambangan
Yang Fokus Pada Pengelolaan Pasca Tambang dan Berwawasan Lingkungan

Jember, 3 Januari 2019
Universitas Jember menambah jumlah program studinya, kali ini membuka Program Studi Teknik Pertambangan, dan Program Studi Teknik Perminyakan. Kepastian pembukaan dua program studi sarjana di bawah Fakultas Teknik ini terjawab setelah surat ijin pembukaannya diterbitkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) pada bulan November 2018 lalu. Menurut Entin Hidayah, Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Jember, Program Studi Teknik Pertambangan akan fokus pada pengelolaan pasca tambang, dan bagaimana mengelola tambang yang berwawasan lingkungan.

“Dalam proses pertambangan dikenal tiga tahapan, yakni tahap eksplorasi dimana ahli tambang akan mencari dan menemukan daerah yang mengandung mineral tertentu. Kemudian tahap eksploitasi atau tahap penambangan, dan tahap rehabilitasi atau tahap pengelolaan pasca tambang,” jelasnya saat ditemui di Kampus FT Universitas Jember (3/1). Fokus di tahap pengelolaan pasca tambang ini dipilih mengingat semua perguruan tinggi yang memiliki Program Studi Teknik Pertambangan di Indonesia lebih berkonsentrasi pada tahap eksplorasi dan eksploitasi tambang.

Pemilihan fokus pada tahap pengelolaan pasca tambang juga didasari oleh visi dan misi Universitas Jember yang memberikan perhatian penuh pada masalah lingkungan, mengingat salah satu core bussines dan keunggulan Kampus Tegalboto di bidang pertanian dan perkebunan, serta bioteknologi. “Tidak bisa dipungkiri ada tambang yang dikelola tanpa memikirkan dampaknya bagi kelestarian alam, bahkan setelah habis ditambang terbengkalai begitu saja hingga membahayakan keselamatan jiwa. Oleh karena itu FT Universitas Jember berniat mencetak para lulusan yang memiliki kemampuan mengelola tambang yang berwawasan lingkungan, dan mampu mengelola tahap pasca tambang, yang justru jumlahnya di Indonesia masih minim,” imbuh Entin Hidayah.

Hal senada disampaikan oleh Fanteri Aji Dharma, salah satu dosen di Program Studi Teknik Pertambangan. Menurutnya, biasanya lulusan Program studi Teknik Pertambangan lebih banyak mengurusi teknis pertambangan saja, sementara masalah lingkungan menjadi ahli lingkungan. “Paradigma ini yang ingin kita ubah, lulusan Program Studi Teknik Pertambangan FT Universitas Jember akan diberi bekal ilmu Teknik Pertambangan dan juga ilmu lingkungan. Untuk itu kita sudah menyiapkan kurikulum yang sesuai misalnya matakuliah Analisa Dampak Lingkungan, Green Mining, keselamatan dan kesehatan kerja tambang, serta memasukkan wawasan lingkungan sejak awal semester perkuliahan. Apalagi Kampus Tegalboto memiliki banyak pakar di bidang lingkungan,” tutur Fanteri yang meraih S2-nya di Michigan Technological University, Amerika Serikat ini.

Pendirian Program Studi Teknik Pertambangan FT Universitas Jember sendiri sudah melalui proses yang panjang. “Awalnya di tahun 2013 lalu Universitas Jember mendapatkan undangan dari DPR RI guna dimintai pendapat terkait Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jember yang di dalamnya memplot daerah pertambangan. Dari diskusi itulah lantas muncul tantangan dari DPR RI kepada Kampus Tegalboto, apa solusi bagi pertambangan di Indonesia yang sudah dalam kondisi optimal atau menjelang selesai ditambang. Lantas Universitas Jember menjawab dengan perlunya membuka Program Studi Teknik Pertambangan, namun yang lulusannya mampu mengelola tambang yang berwawasan lingkungan, dan fokus pada tahap pengelolaan pasca tambang. Agar pengelolaan tambang-tambang di Indonesia yang sudah melewati masa optimalnya dapat direhabilitasi dengan baik,” ungkap Dekan Fakultas Teknik.

Dalam masa penyusunan proposal pendirian Program Studi Teknik Pertambangan, Universitas Jember telah melakukan studi banding dan diskusi dengan pihak-pihak terkait diantaranya perguruan tinggi seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Sriwijaya, dan UPN Veteran Yogyakarta. Sementara perbandingan dengan perguruan tinggi di luar negeri dilakukan dengan Colorado School of Mines dan Virginia Polytechnic and State University (Virginia Tech). Termasuk berkonsultasi dengan Kemenristekdikti, Kementerian ESDM, Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi), hingga kalangan industri pertambangan. Dari proses hasil studi banding dan diskusi ini Universitas Jember diminta membuka Program Studi Teknik Pertambangan dengan ciri khas pembeda dengan yang ada di perguruan tinggi lainnya.

Di sisi lain, lulusan Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Jember diproyeksikan mengisi kebutuhan akan ahli pertambangan yang fokus pada tahapan pengelolaan pasca tambang, dan memiliki wawasan lingkungan. Sehingga diperkirakan lulusannya bakal terserap oleh pasar kerja.

“Jumlah tambang di Indonesia yang sudah melewati masa optimal dan perlu direhabilitasi jumlahnya cukup banyak, hal ini perlu diantisipasi di masa depan,” kata Entin Hidayah.

Sementara itu menurut Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol, Universitas Jember siap bekerjasama dengan semua pihak terutama di Jember dan sekitarnya agar tujuan Program Studi Teknik Pertambangan meluluskan tenaga pertambangan yang berwawasan lingkungan serta ahli dalam tahap pengelolaan pasca tambang dapat tercapai.

Misalnya saja bekerjasama dengan organisasi agama seperti Nahdlatul Ulama dalam memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai fiqh tata kelola sumber daya alam, dan teologi lingkungan. “Untuk itu kami siap berdialog dan menerima masukan dari segenap stake holder Universitas Jember. Bahkan rencananya dalam waktu dekat akan ada seminar sekaligus memperkenalkan apa sih ciri khas dan keunggulan yang akan dibangun oleh Program Studi Teknik Pertambangan FT Universitas Jember itu,” kata pria yang juga dosen FISIP ini.

Keberadaan program studi baru, Program Studi Teknik Pertambangan dan Program Studi Teknik Perminyakan menjadikan jumlah program studi sarjana di Kampus Tegalboto menjadi 59 prograjm studi. “Kedua program studi baru tadi sudah bisa dipilih oleh lulusan SMA sederajat dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri Universitas Jember,” pungkas Agung Purwanto.

13 KOMENTAR

  1. I think that what you said made a lot of sense. But,
    what about this? suppose you were to create a awesome headline?
    I am not suggesting your content is not good., however
    suppose you added a headline to maybe grab a person’s attention?
    I mean Terkait Tambang, FNKSDA Tuding Unej Penghianat – Jempol is kinda plain. You ought to look at Yahoo’s front
    page and note how they create news titles to grab viewers interested.
    You might add a video or a related picture or two to get readers interested about everything’ve
    written. Just my opinion, it would bring your blog a little livelier.

  2. Hi there, I found your site by the use of Google even as looking for a related topic, your web site came up, it looks great.
    I’ve bookmarked it in my google bookmarks.[X-N-E-W-L-I-N-S-P-I-N-X]Hello
    there, just turned into aware of your weblog through Google, and found that it is really informative.
    I am gonna be careful for brussels. I will be grateful should you continue this in future.
    A lot of folks will probably be benefited out of your writing.
    Cheers!

  3. I wanted to check up and allow you to know how considerably I treasured discovering your blog today.
    I will consider it a real honor to operate at
    my office and be able to make use of the tips provided on your site and also engage in visitors’ remarks like this.

    Should a position of guest article writer become available at
    your end, please let me know.

  4. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet
    my newest twitter updates. I’ve been looking for
    a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you
    would have some experience with something like this.
    Please let me know if you run into anything.
    I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini