SPM Terlambat Bukti Kerja Dinkes Jember Buruk

0

jempolindo.id – Jember. Seperti dilansir Media Memo Timur, Hak 30 Rekanan yang sudah menyelesaikan pekerjaan di Dinas Kesehatan Kabupaten Jember terancam tak terbayar. Pasalnya PPK Dinkes sampai lewat tahun anggara 2018 belum juga menyetor Surat Perintah Membayar (SPM) kepada BPKA Jember, sebagai dasar BPKA menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) kepada Bank yang ditunjuk.

Sejumlah rekanan itu, Rabu (2/1) telah diundang Dinkes Kabupaten Jember untuk mendapatkan penjelasan terkait keterlambatan tersebut.

Kepala dinas kesehatan Jember, dr. Nurul Qomariah saat dikonfirmasi per WA terkait keterlambatan SPM itu tidak memberikan jawaban. (WA jempolindo.id centang biru berarti pesan terbaca).
Apa sebenarnya yang menyebabkan PPSPM seringkali terlambat menyampaikan SPM-LS sesuai batas waktu yang telah ditentukan? Tentu banyak faktor penyebabnya, di antaranya :

1.PPK tidak menyusun rencana pelaksanaan pengadaan barang/jasa secara baik;

2.Masih seringnya terjadi praktek-praktek melaksanakan pengadaan terlebih dahulu, sedangkan administrasi proses pengadaannya dibuat belakangan (tanggal mundur). Hal ini khususnya untuk pengadaan barang/jasa yang dilakukan dengan metode Pengadaan Langsung dan/atau Penunjukan Langsung;

3.Pengendalian pelaksanaan kontrak/perjanjian yang kurang efektif oleh PPK;

4.Penyedia Barang/Jasa yang ditunjuk tidak melaksanakan pekerjaan secara tepat waktu (terlambat);

5.Tahapan pembayaran yang diatur dalam Kontrak/Perjanjian tidak dilaksanakan secara konsekuen;

6.Sistem pengendalian intern dalam proses penyelesaian tagihan pada Satker belum optimal;

7.Lemahnya koordinasi antara KPA, PPK, Panitia Pengadaan/Unit Layanan Pengadaan, Panitia Penerima Barang/Jasa, dan PPSPM;

8.Dalam hal tertentu dapat juga disebabkan kurangnya pemahaman Satker terhadap tata cara pembayaran dalam rangka pelaksanaan APBN dan kurangnya penguasaan teknis atas aplikasi-aplikasi yang digunakan dalam proses pembuatan SPP dan SPM.

Meski belum jelas sangsi atas keterlambatan ini, tetapi keterlambatan ini sudah cukup membuktikan buruknya kinerja Dinkes Jember (#).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini