Tol Probowangi Nama Bupati Faida Dipertaruhkan

0

jempolindo.id – Jember. Belakangan media tampak ribut saling mengklaim soal rencana perubahan pembangunan jalan tol Trans Jawa. Sepertinya malah menyeret agar Bupati Jember dr Faida MMR mempertaruhkan kredibilitasnya sebagai bupati.

Media Pro Pemerintah Kabupaten Jember melansir berita perubahan itu melewati jember, sementara media kontra pemerintah menyuguhkan rencana perubahan yang tidak akan melewati Jember.


LEWAT JEMBER
Media On Line Dialogtv.news melansir ingat Bupati Jember dr Hj Faida MMR tentang perubahan Arah pembangunan jalan tol trans Jawa dari tidak melewati Jember beralih lintas Jember. Pernyataan Bupati Jember itu disampaikan saat memberi sambutan di acara Grand Opening Transmart di Jalan Hayam Wuruk, Jumat (21/12/18).


“Mengenai jalan tol sesuai keinginan masyarakat Jember lalu lintas transjawa melewati Jember akhirnya dipenuhi,” demikian pernyataan Bupati Faida seperti disitir Dialogtv.news


Untuk mendukung berita itu, Dialogtv.news menegaskan Bupati telah komunikasi dengan Kementerian PUPR. Bahkan kesannya Menteri PUPR meminta Pemkab jember membanti penyiapan lahan, agar pembangunan dapat dilakukan lebih cepat.
“Kita akan fasilitasi dan bantu semaksimal mungkin,” tegas Bupati Faida


TIDAK LEWAT JEMBER
Sementara itu, KissFM menepis klaim Bupati Faida yang telah menyakinkan perubahan jalan tol trans jawa yang semula melewati Probolinggo – Situbondo – Banyuwangi, lantas mengubah jalur menjadi Probolinggo – Jember – Banyuwangi.


“Sampai hari ini belum ada rencana perubahan jalan tol Trans Jawa. Jalan Tol perubahan diperbaiki akan melalui Jalur Utara dan tidak melalui Kabupaten Jember ” Demikian berita yang dirilis KissFM.


Betita yang diterbitkan KissFM hasil konfirmasi kepada Kepala Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT, melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Tol Probowangi 1 Agus Winarno, yang membantah pernyataan Bupati Faida.


Menurut Agus, pernyataan itu mungkin harapan seorang kepala daerah yang ingin wilayahnya dilewati jalan tol.


Keyakinan Bupati Jember yang bersandar pada komunikasi dengan Kementerian PUPR, menurut Agus tidak sepenuhnya benar.


“Perubahan rute tidak sepenuhnya menjadi kewenangan Kementerian PUPR sebagai pemilik proyek” kata Agus.


Agus menjelaskan bahwa pembangunan jalan tol Probowangi memang terkendala lapangan tembak di Baluran. Kini masih dilakukan studi.


“Hasilnya seperti apa, sampai detik ini belum ada kesimpulan.” Kata Agus.


LSM FORMAT TUDING FAIDA HOAX


Kerasnya pertarungan suguhan media mengundang Ketua Format LSM Jember Kustiono Musri untuk mempertanyakan kebenaran pernyataan Bupati Faida.

Meski belum jelas siapa di antara media yang menyuguhkan berita perubahan jalan tol itu yang paling benar, Kustiono keburu menuding Bupati Faida telah membuat pernyataan hoax dengan memberikan keterangan palsu.


Sepertinya Kustiono lebih percaya pada pemberitaan yang menganggap perubahan jalur jalan tol tidak lewat jember.


Kustiono melalui akun Facebooknya juga mempertanyakan Pemberitaan Media on line Humas Pemkab Jember yang dianggapnya telah ikut andil menyebarkan Hoax.


“Ini media milik pemerintah yang menggunakan uang negara. Ini Bupatinya yang bohong apa wartawannya ?”, Kata Kustiono seraya bertanya.


Keyakinan Kustiono itu juga di perkuat dengan meng-upload percakapan antara Agus Purnomo dengan Kuncahyo. Dalam percakapan itu jelas Agus Purnomo menyatakan pemberitaan media yang menulis tentang perubahan jalur tol probowangi melintasi Jember adalah tidak benar.


“Tolong sampaikan ke teman teman soal koreksi saya,” kata Agus dalam percakapan dengan kuncahyo. (#)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini