Kumpul Sanak, Tradisi Desa Sidomukti Yang Masih Terawat

0


jempolindo.id-Sidomukti_Meskipun masyarakat Desa Sidomukti semakin dinamis dan modern, tradisi Kumpul Sanak tetap tak luntur. Mereka tetap mempertahankan tradisi Kumpul Sanak yang memang sudah menjadi tradisi turun temurun. Kumpul Sanak simbol solidaritas dalam membantu sesama.


Tradisi adalah suatu kebiasaan yang dilakukan terus-menerus dan diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Salah satu tradisi unik yang masih berjalan di Desa Sidomukti yaitu Kumpul Sanak dalam tasyakuran pernikahan.

Kumpul sanak adala sarana untuk membantu mengumpulkan saudara, kerabat, dan handai taulan dalam membantu tasyakuran pernikahan. Kumpul sanak menjadi salah satu bentuk gotong royong warga dalam membantu warga yang sedang melaksanakan tasyakuran perkawinan.


Seperti yang terjadi hari ini Senin (24/12/2018) dirumah Abd. Rasid alias Pak Herul, seluruh sanak saudara sekitar 200 orang kumpul jadi satu dalam rangka gotong royong membantu persiapan tasyakuran pernikahan putranya yang nomor 2 yaitu Ahmad Zainuri dengan Sulihatul Munawaroh. Mereka membantu dengan baik, pikiran dan materi.


Bagi kaum laki-laki gotong royong membuat tenda dari terpal, mengupas kelapa, membuat tungku dan lain-lain. Sementara bagi kaum ibu-ibu kebagian memarut kelapa, membuat kue, memasak dan sebagainya yang berkaitan dengan masalah dapur.


Rasa kekerabatan, kebersamaan dan sikap gotong royong dalam kegiatan ini sangat terasa sekali. Mereka berbaur jadi satu tanpa ada perbedaan status. (Shp055)

Suasana Kumpul sanak di desa sidomukti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini