Terima Bantuan Kemendes BUMDes Rowotamtu Diharap Makin Berkembang

0

jempolindo.id – jember. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Rowotamtu Kecamatan Rambipuji merupakan salah satu desa penerima Bantuan Kamendes PDTT senilai 50 juta. Bantuan itu telah dibelanjakan untuk pembelian Mesin Fotocopy dan perangkat pendukung lainnya.

Sebagaimana dilansir Majalah Gempur.com, hal itu diungkapkan Kepala Desa Rowotamu Sumali saat kedatangan tim monitoring dan evaluasi (Monev) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Jember, selasa (18/12/18) di Kantor Pemdes Rowotamtu.

Menurut Sumali, disamping pihaknya telah megalokasikan sejumlah anggaran Dana Desa, bantuan Kemendes itu sangat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan BUMDes Rowotamtu.

“Bantuan itu sudah pasti bermanfaat menambah modal usaha BUMDes, berikutnya jika berkembang diharapkan akan menambah pendapatan desa,” harapnya.

Ditemui saat Monev di desa Rowotamtu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ir Eko Heru Sunarso MM mengatakan, sejumlah 54 BUMDes dari 226 desa di Kabupaten telah menerima bantuan dari Kemendes PDTT.

” Bantuan itu melalui DPMD diberikan kepada BUMDes yang mulai berkembang, dan memenuhi persyaratan, seperti memiliki SK pendirian, AD/RT dan Perdes,” kata Heru.

Heru berharap dengan bantuan tersebut kegiatan BUMDes dapat berjalan lebih maju dan maksimal. Karenanya DPMD terus memantau, mengevaluasi dan mengidentifikasi perkembangannya, termasuk diantaranya melakukan kegiatan Monev kepada kepada sejumlah BUMDes penerima bantuan.

BUMDes Rowotamtu Kecamtan Rambipuji salah satu diantaranya yang telah merealisasikan bantuan tersebut.

Menurut Heru, BUMDes Rowotamtu telah membelanjakan bantuan sesuai rencana anggaran biaya. Sepertinya antara pemerintah desa dan pengurus BUMDes berjalan kompak.

“Sehingga manfaat bantuan akan lebih berdaya guna,” pungkas Heru.(#)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini