Meski Molor, DD Tahap 3 Cair 198 Desa

0

jempolindo.id – Jember- Meski sedikit molor, Pencairan Dana Desa ( DD) Tahap III berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jember sudah tersalurkan ke Pemerintahan Desa lebih dari 50% atau sekitar 198 desa dan yang belum terealisasi sekitar 28 desa. Hal itu disampaikan Kepala Dispemades Kabupaten Jember Ir Eko Heru Sunarso MM saat Rapat Koordinasi tingkat kabupaten, Jum’at ( 07/12/18).

Berdasarkan tahapan, mestinya pencairan DD tahap 3 sudah harus dilakukan pada bulan juli 2018. Molornya pencairan itu disebabkan persyaratan Tahap 1 dan 2 sudah harus mencapai 75 %.

Menurut Heru, baru per November akhir, DD tahap lll disalurkan dari RKUN ke RKUD Kabupaten jember. Untuk melakukan percepatan, atas intruksi Bupati Jember dr Faida MMR, anggaran DD yang masih di RKUD agar segera di salurkan ke masing-masing desa.

Berdasarkan peraturan, setelah anggaran di transfer ke RKUD maksimal 7 hari anggaran sudah tersalurkan ke masing – masing desa. Percepatan diperlukan mengingat waktu yang mepet ahir tahun. Sehingga kegiatan Sarpras dan Non Sarpras segera bisa diselesaikan.

” iya mas saya selaku kepala dinas mendapat perintah langsung dari bupati agar segara menyalurkan anggaran tersebut secepat mungkin,” Kata Heru.

Kegiatan rakor, Dispemades melibatkan TFK kecamatan dan seluruh pendamping desa se kabupaten Jember. Heru optimis dengan dibantu Pemdamping Desa percepatan pencairan DD Tahap 3 bagi desa yang belum menerima transfer, akan selesai tepat waktu. (#)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini